Skip to main content
Pertandingan PSIS Semarang vs Persipura Jayapura Mutiara Hitam Mengamuk

Pertandingan PSIS Semarang vs Persipura Jayapura Mutiara Hitam Mengamuk

Pertandingan PSIS Semarang vs Persipura Jayapura Mutiara Hitam Mengamuk PSIS Semarang vs. Persipura Jayapura menghasilkan pertandingan ke 13 Liga Indonesia 1 di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Selasa (6/8) malam, ditutup dengan skor 1-3.

Persipura berhasil mewujudkan ambisinya untuk naik ke kandang PSIS Semarang, setelah memenangkan kemenangan 3-1 atas tuan rumah. Tim Black Pearl bahkan berhasil memimpin lebih dulu ketika pertandingan baru berjalan dua menit melalui gol Tibo. Gol ini berhasil dibandingkan dengan Hari Nur Yulianto pada menit ke-17, tetapi Persipura menambahkan dua gol lagi di babak kedua, melalui aksi Tahir di menit 59 dan Todd Ferre di menit 63.

Namun dalam pertarungan ini, PSIS harus melarikan diri dari salah satu pemainnya, Rio Saputro, ke rumah sakit terdekat, setelah pingsan di lapangan. Tak lama setelah memasuki menit akhir pertandingan, Rio bertabrakan dengan Samassa ketika keduanya mengejar bola. Dia pingsan, meskipun akhirnya dia sadar kembali, dan segera dibawa dengan ambulans ke rumah sakit terdekat.

Sebagai hasil dari kekalahan ini, PSIS tetap di tempat kesembilan dengan koleksi 14 poin, sementara Persipura mulai mendekati di posisi ke-11 dengan 13 poin.

Pertandingan PSIS Semarang vs Persipura Jayapura Mutiara Hitam Mengamuk

Pertandingan PSIS Semarang vs Persipura Jayapura Mutiara Hitam Mengamuk

Babak pertama

Kedua tim berusaha tampil dengan menekan dari awal. Namun Dewi Fortuna sepertinya berada di sisi tim tamu, Persipura, yang berhasil membobol gawang tuan rumah ketika pertandingan berjalan satu menit 40 detik.

Titus Bonai memberi Persipura keunggulan 1-0 ketika pertandingan memasuki menit kedua setelah ia berhasil menggunakan kekacauan di depan gawang Jandia Eka Putra, setelah tendangan bebas dari luar kotak penalti. Bahkan tim memimpin di awal pertandingan.

Anak-anak PSIS segera meningkatkan kecepatan permainan mereka dan mencoba membangun serangan setelah ditinggalkan oleh pengunjung. Septist David Maulana hampir cocok di menit ke-13, tetapi tidak bisa digunakan oleh Hari Nur Yulianto.

PSIS berhasil menyamakan kedudukan melalui gol dari Nur Yulianto Hari, yang ragu bermain di pertandingan ini, setelah berhasil menggunakan pusat Patrick Mota dengan sundulannya tepat di depan gawang Dede. Tim Mahesa Jenar berhasil menyamakan kedudukan 1-1 di menit ke-17.

Roma memiliki peluang bagus di menit 38 ketika mereka menerima tendangan bebas. Sayangnya, tembakan Inkyun memantul gawang Jandia.

Namun, delapan menit kemudian, PSIS juga memiliki peluang yang sama, dan Mota mengirim tendangan bebas. Sayang, bola yang mencoba sundulan Wallace Costa tidak bisa membuahkan hasil.

Babak kedua

Alih-alih menambah koleksi gol mereka melawan penggemar sendiri, PSIS kebobolan lagi di awal babak kedua. Persipura berhasil menambah koleksi golnya di pertandingan ini dalam 59 menit melalui gol M Tahir. Tim Mutiara juga memimpin 2-1.

Anak-anak angkat Jacksen F Tiago terus membangun serangan di area terbatas tuan rumah. Upaya ini akhirnya sia-sia di menit ke-63, hanya empat menit setelah gol Tahir, ketika Todd Ferre berhasil mengelabui Jandia dan membuat Roma unggul, 3-1!

PSIS seharusnya bisa menyamai tepat di menit ke-75, tetapi Septian David tidak bisa meluncurkan tendangannya meski ia hanya berurusan dengan kiper Roma. Pengunjung masih memimpin 3-1.

Sepuluh menit terakhir, PSIS hampir memperkecil kekalahannya melalui tendangan jarak jauh yang coba dibangun oleh Wallace Costa. Namun, bola masih jauh dari tujuan lawan.

Tuan rumah PSIS terus berusaha mendorong pertahanan tim tamu, tetapi berkali-kali bola ditangkap oleh kiper Persipura Dede Sulaeman. Selama lima menit injury time, pemain PSIS Rio Saputro mengalami cedera kepala ketika ia mencoba mengejar bola dan terkena lutut Samassa.

Rio sempat pingsan beberapa menit di lapangan, setelah merasakan sakit sambil memegangi kepalanya. Meskipun akhirnya dia sadar kembali, tim medis masih memutuskan untuk membawa Rio ke rumah sakit terdekat.

Wasit akhirnya meniup peluit panjang yang mengakhiri pertandingan, hasil pertandingan PSIS Semarang vs Persipura Jayapura ditutup dengan skor 1-3.

Susunan Pemain

PSIS Semarang: Jandia Eka Putra; Safruddin Tahar, Wallace, Rio, Soni, Infantrie, Mota, Alua, Bayu Nugroho, Septian David Maulana, Hari Nur Yulianto.
Pelatih: Jafri Sastra

Persipura Jayapura: Dede, Yohanis Tjoe, Ricardo Salampessy, Andre Ribeiro, Tinus Pae (c), M Tahir, Ibrahim Conteh, Inkyu Oh, Titus Bonai, Ferre, Samassa.
Pelatih: Jacksen F Tiago

shares