Skip to main content
Antarkan Portugal ke Final UEFA Nations League 2018-2019 Ronaldo Hattrick

Antarkan Portugal ke Final UEFA Nations League 2018-2019 Ronaldo Hattrick

Antarkan Portugal ke Final UEFA Nations League 2018-2019 Ronaldo Hattrick Tim nasional Portugal menempatkan kaki mereka di final Liga Bangsa-Bangsa 2018-2019 setelah mengalahkan Swiss di semifinal. Bermain di Stadion Do Dragao, Kamis (6/6/2019) dini hari, WIB, Portugal menang dengan skor 3-1.

Penyerang Tim Nasional Portugal Cristiano Ronaldo. Ia berhasil mengantarkan timnya melalui final Liga Bangsa-Bangsa UEFA. Cristiano Ronaldo mencetak hat-trick yang membuat Portugal mengalahkan Swiss di semifinal Portom. Ronaldo telah mencetak 88 gol sepanjang karirnya untuk tim nasional Portugal. Dia semakin kuat di puncak daftar pencetak gol terbaik untuk tim nasional Eropa sepanjang masa.

Antarkan Portugal ke Final UEFA Nations League 2018-2019 Ronaldo Hattrick

Antarkan Portugal ke Final UEFA Nations League 2018-2019 Ronaldo Hattrick

 

Babak Pertama

Swiss membuat awal permainan memanas, di menit keempat bola berputar-putar di daerah penalti Portugal, Zuber dengan cepat mengirim bola ke garis Shaqiri, tetapi kiper Swiss yang juga penjaga gawang Wolfsburg, Patrick, dengan cepat mengambil alih bola

Portugal hanya bisa merespons pada menit ke-14, Akanji mengirim bola langsung ke Silva dan mengirimnya ke Cristiano Ronaldo, sayangnya bintang besar Juventus itu gagal dengan tendangan tim pertamanya.

Swiss nyaris membuka skor di menit ke-16, mereka sangat berbahaya saat menyerang. Shaqiri mengirim umpan silang yang indah dan, sayangnya, Seferovic tidak bisa mengendalikan bola dengan baik.

Pada menit ke-24, Portugal mendapat tendangan bebas setelah pemerkosaan dilakukan oleh Kevin Mbabu melawan Ronaldo. Cristiano Ronaldo yang sama akan mengeksekusi tendangan bebas, bola akan dilemparkan dan bola akan melewati geng Swiss dan akan masuk ke gawang Yann Sommer, yang salah dan hanya bisa melihat penyerahannya ketika bola patah di jaring.

Swiss bermain bagus dan tajam saat melakukan serangan, tetapi intinya agak berantakan. Tuan rumah mulai bisa mengkompensasi tekanan yang diberikan oleh pengunjung.

VAR digunakan pada menit terakhir babak pertama ketika Felix merasa Ricardo Rodríguez telah menjatuhkannya, tetapi setelah wasit melihat VAR, tidak ada penalti. Babak pertama Portugal vs Swiss ditutup dengan skor sementara 1-0.


Babak Kedua

Swiss segera mengambil inisiatif untuk tampil menyerang di babak kedua. Namun belum lama ini game tersebut memasuki kontroversi.

Awalnya ada pelanggaran di mana Semedo mendorong Seferovic ke area penalti. Wasit kemudian tidak menganggapnya sebagai kriminal, tetapi masih memverifikasi melalui VAR. Selama proses verifikasi, Portugal meluncurkan serangan balik.

Saat itu, Schar menjatuhkan Silva di area penalti. Wasit juga menjatuhkan sanksi kepada Portugal.

Namun, wasit kemudian terlebih dahulu memverifikasi hasil VAR untuk pelanggaran Semedo. Pada akhirnya, wasit membatalkan penalti untuk Portugal dan memberikan hadiah dari poin 12 ke Swiss. Di menit 57, Rodriguez bisa menyamakan skor dari titik penalti.

Namun perubahan taktik akhirnya membuat Portugal bangkit. Serangan demi serangan dapat menakuti pertahanan Swiss.

Pada akhirnya, upaya Ronaldo membuahkan hasil di menit 88. Ronaldo menyerbu gawang Swiss dengan tendangan kuatnya dari dalam kotak penalti setelah mendapat ketertarikan dari Silva. 2-1.

Swiss berusaha menyamakan skor setelah kebobolan. Namun sebaliknya, mereka dijatuhkan lagi oleh Ronaldo berkat serangan balik dua menit kemudian. Dengan teknik langkah-demi-langkahnya, ia mengalahkan bek lawan dan kemudian, dari dalam kotak penalti, melemparkan bola melengkung ke tiang terjauh.

Pada akhirnya Swiss tidak bisa menjawab sampai pertarungan berakhir. Portugal juga berhasil menang 3-1.

Antarkan Portugal ke Final UEFA Nations League 2018-2019 Ronaldo Hattrick

Susunan Pemain

PORTUGAL (4-4-2): Rui Patricio; Nelson Semedo, Pepe, Ruben Dias, Raphael Guerreiro; Bruno Fernandes, William Carvalho, Ruben Neves, Bernardo Silva; Joao Felix, Cristiano Ronaldo.
Pelatih: Fernando Santos

Swiss (4-4-1-1): Yann Sommer; Ricardo Rodriguez, Fabian Schaer, Kevin Mbabu, Manuel Akanji; Steven Zuber, Granit Xhaka, Remo Freuler, Denis Zakaria; Xherdan Shaqiri; Haris Seferovic.
Pelatih: Vladimir Petkovic

shares