Skip to main content

PSM Makassar vs Home United 30 April Berakhir 3-2 Piala AFC 2019

PSM Makassar vs Home United 30 April Berakhir 3-2 Piala AFC 2019 – Sempat tertinggal dua gol, PSM Makassar bangkit untuk menang 3-2 atas Home United di pertandingan kelima Piala AFC 2019. Hasil tersebut membuat PSM memastikan lolos ke semifinal Zona ASEAN dengan status juara Grup H.

Bersaing di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (30/4/2019). PSM Makassar tampil menyerang di babak pertama. Pada menit ke-11, tembakan dilepaskan oleh Guy Junior tetapi bola terbang melambung melewati gawang.

Semenit kemudian Juku Eja kembali menyebarkan ancaman kali ini melalui Muhammad Arfan. Menerima bola dari Zulham Zamrun, pemain berusia 22 tahun ini melepaskan tendangan melengkung dari tepi kotak penalti yang masih tipis di sebelah kanan gawang Home United.

Pada menit ke-2, William Pluim memiliki peluang emas untuk membuka keunggulan PSM. Pemain asal Belanda itu tidak dijaga setelah menerima umpan balik dari Zulham.

PSM Makassar vs Home United 30 April Berakhir 3-2 Piala AFC 2019

PSM Makassar vs Home United 30 April Berakhir 3-2 Piala AFC 2019

Namun tendangan kerasnya di depan kotak penalti Home United masih bisa ditahan oleh Nazri. kegemilangan kiper berusia 29 tahun ini mampu menahan serangan PSM hingga babak pertama berakhir, sehingga skor tetap 0-0.

Empat menit kemudian setelah jeda, Hafiz kembali menjadi momok bagi lini belakang Darije Kalezici. Dia berhasil menggandakan posisi timnya setelah menerima umpan terobosan Song Ui Young. Sempat ragu bisa menang karena tertinggal 0-2 melalui Hafiz Nor di menit 51 dan 55, nyatanya PSM mampu membalikkan posisi.

Menurut Darije, di babak pertama Wiljan Pluim CS membuat banyak peluang tetapi tidak mencetak gol.

PSM Makassar vs Home United: PSM Berhasil Mengubah Posisi

Untungnya mereka mampu bangkit, PSM telah tertinggal dua gol di awal babak kedua. Tapi dua gol Marc Anthony Klok di menit ke-60 dan ke-78, dan gol penentu dari Guy Junior di menit ke-86 berhasil mengubur impian Home United untuk membawa pulang tiga poin dari pertandingan tandang ini. Pemain Belanda itu membobol gawang Nazri melalui tendangan jarak jauh dari luar kotak penalti.

Penyerang naturalisasi Indonesia ini mengubah skor menjadi 3-2 pada menit ke-86. Dia mencetak gol dengan tendangan keras ke sudut kiri gawang Home United setelah menerima umpan balik dari Pluim.

PSM Makassar lolos ke semifinal zona ASEAN

PSM berhasil mempertahankan keunggulan ini hingga pertandingan berakhir. Skor 3-2 mengakhiri pertandingan di Pakansari.

Sementara untuk Home United, kekalahan di kandang dari PSM membuat posisi mereka harus turun ke urutan ketiga. Perwakilan Singapura disalip oleh Kaya-Iloilo, yang dalam pertandingan lain menang 5-1 atas Lao Toyota.

Komposisi pemain:
PSM Makassar (4-3-1-2): Rivky Mokodompit, Aaron Evans, Munhar, Beny Wahyudi, Taufik Hidayat, M. Arfan, Marc Klok, Asnawi Mangkualam Bahar, Wiljan Pluim, Zulham Zamrun, Guy Junior.
Cadangan PSM: Hilmansyah, Zulkifli Syukur, Hasyim Kipuw, Rizky Pellu, Bayu Gatra, Saldi, M. Rahmat.

Home United (4-4-2): Nazri, Faritz, Qai, Asraf, Male, Izzdin, Syafiq, Hafiz Nor, Loon, Adam, Song.
Cadangan Home United: Hasnol, Khairullah, Cernak, Faris, Yazid, Suhaimi, Salim.

shares