Skip to main content
SELAMAT DATANG                      WELCOME TO JASAGOL88            Informasi Seputar SepakBola                      Mancanegara                       Dalam Negeri           Selamat Membaca           PORTAL BERITA SEPAKBOLA

Bhayangkara FC vs PSM Makassar: Ambisi Menuntaskan Rasa Penasaran

Bhayangkara FC vs PSM Makassar: Ambisi Menuntaskan Rasa Penasaran

Bhayangkara FC vs PSM Makassar: Ambisi Menuntaskan Rasa Penasaran Bhayangkara FC boleh dibilang masih dihantui penasaran setiap bersua PSM Makassar. Bukan apa-apa, semenjak kompetisi dengan nama Liga 1 digulirkan pada 2017, Bhayangkara FC belum mampu mengalahkan PSM. Dari empat pertemuan baik kandang maupun tandang, Bhayangkara FC menelan 3 kekalahan dan 1 kali seri ketika bersua PSM.

Rasa penasaran itu akan coba dituntaskan saat The Guardian – julukan Bhayangkara FC, menjamu Juku Eja – julukan PSM, pada leg pertama perempat final Piala Indonesia 2018-2019, Sabtu (27/4) sore WIB. Bermain di Stadion PTIK, tim asuhan Angel Alfredo Vera yakin kali ini bisa mengalahkan PSM.

Memang, Alfredo Vera mengakui bahwa PSM adalah lawan yang kuat. Bahkan, dia menyebut kekuatan PSM berada sedikit di atas tim asuhannya. Menurut eks juru racik Persipura Jayapura tersebut, lini serang PSM terbilang terbaik di Indonesia. PSM memiliki striker haus gol pada diri Eero Markkanen, penyerang yang masih berstatus sebagai penggawa Timnas Finlandia.

Markkanen ditopang pergerakan atraktif Wiljan Pluim yang bukan hanya berperan sebagai pengumpan tapi juga pencetak gol. Belum lagi ada Zulham Zamrun dan Guy Junior. Selain itu, masih ada Marc Klok dan Rizky Pellu.

Kehebatan PSM sudah terbukti. Juku Eja memang gagal total di Piala Presiden 2019 usai selalu kalah dalam tiga laga penyisihan grup. Namun, saat itu pelatih Darije Kalezic sengaja memainkan sejumlah pemain pelapis. Fokus mereka adalah ke AFC Cup 2019. Faktanya, PSM tampil gemilang dan saat ini memimpin Grup H. Dari 4 laga, PSM mengoleksi 8 poin hasil dari 2 kemenangan dan 2 seri.

Bhayangkara FC vs PSM Makassar: Ambisi Menuntaskan Rasa Penasaran

Toh, kondisi itu tak membuat The Guardian ciut nyali. Alfredo Vera mengaku sudah menyiapkan strategi khusus untuk bisa membawa timnya bisa menuntaskan penasaran atas PSM dengan meraih kemenangan.

“Jadi strategi terbaik untuk menghadapi PSM adalah man to man marking. Setiap pemain harus memberikan pengawalan kepada pemain lawan yang posisinya terdekat,” beber Alfredo Vera.

Strategi tersebut dinilai Alfredo Vera akan manjur. Kualitas Pluim, Markkanen, dan Klok hanya bisa direduksi apabila dikawal ketat. Mereka akan kesulitan dalam mengembangkan permainan individu.

Di satu sisi, PSM datang ke PTIK dengan target tinggi. Kalezic menargetkan kemenangan. Menurutnya, Piala Indonesia sama pentingnya dengan AFC Cup. Terlebih, PSM sudah mengorbankan Piala Presiden. Tak pelak, Piala Indonesia menjadi sasaran yang harus dibidik untuk meraih prestasi.

Dalam laga nanti, baik Bhayangkara FC maupun PSM kehilangan beberapa pemain pilar. The Guardian tak bisa memainkan 4 pemainnya yakni Adam Alis, Lee Yu-jun, Bagas Adi Nugroho, dan Wahyu Subo Seto. Adam Alis dan Lee Yu-jun masih dalam masa pemulihan cedera. Bagas Adi dikabarkan kurang fit. Sementara Wahyu Subo Seto dalam persiapan menikah.

Sedangkan PSM kehilangan Ferdinand Sinaga, Zulkifli Syukur, dan Reva Adi Utama. Namun, kehilangan beberapa pemain bagi PSM sepertinya tak jadi soal. Pemain pengganti memiliki kemampuan merata. Demikian pula dengan Bhayangkara FC. Tergantung siapa paling siap dan mental bertanding yang kokoh, dia yang akan menjadi pemenang.

 

Rekor Pertemuan

  • 03/12/18 Bhayangkara FC 0-0 PSM
  • 15/07/18 PSM 2-1 Bhayangkara FC
  • 19/10/17 Bhayangkara FC 0-2 PSM
  • 09/07/17 PSM 2-1 Bhayangkara FC
  • 21/11/16 Bhayangkara FC 0-1 PSM

5 Laga Terakhir Bhayangkara FC

  • 30/03/19 Bhayangkara FC 0-4 Arema FC
  • 14/03/19 Bhayangkara FC 4-1 Bali United
  • 11/03/19 Mitra Kukar 1-2 Bhayangkara FC
  • 03/03/19 Bhayangkara FC 4-2 Semen Padang
  • 24/02/19 PSIS Semarang 1-4 Bhayangkara FC

5 Laga Terakhir PSM Makassar

  • 17/04/19 Kaya FC Iloilo 1-2 PSM
  • 02/04/19 PSM 1-1 Kaya FC Iloilo
  • 16/03/19 PSIS 1-0 PSM Makassar
  • 13/03/19 PSM 7-3 Lao Toyota
  • 10/03/19 PSM 0-1 Persipura

SUSUNAN PEMAIN

Bhayangkara FC: Wahyu Tri, Anderson Salles, Putu Gede, Indra Kahfi, M Facthurahman, Dendy Sulistiawan, Reksa Maulana, Rubens Da Silva, Vendry Mofu, Ilham Udin, Wahyu Suboseto
Pelatih: Angel Alfredo Vera

PSM Makassar: Rivky Mokodompit, Hendra Wijaya, Eero Markkanen, Marc Klok, Muhammad Rachmat, Muhammad Arfan, Rizky Pellu, Taufik Hidayat, Abdul Rahman Sulaiman, Beny Wahyudi, Wiljan Pluim
Pelatih: Darije Kalezic

Prediksi JawaPos.com
Bhayangkara FC Menang: 30%
PSM Makassar Menang: 30%
Imbang: 40%

shares